Tuesday, March 1, 2016

Berita tentang:

Wasapada, di Pajeko DBD semakin merajalela!


Sinar Buol - Penderita Demam Berdarah (DBD) di Pajeko, Kec. Momunu Kab. Buol dari hari kehari semakin bertambah. Mnurut Ros Mini, salah seorang wraga Pajeko, ia tiap saat menyaksikan tetangganya secara bergulir harus mendapat penanganan Rumah Sakit. "Kemarin, tetangga saya Oje, baru keluar dari rumah sakit, tapi setelah itu, ada lagi tetangga lain yang baru masuk. Sudah banyak sekali orang Pajeko yang bergantian masuk Rumah Sakit karena DBD" Mini. 

Puluhan warga Pajeko yang terkena DBD membuat warga resah. Karena kurangnya tingkat kewaspadaan ditambah cuaca buruk yang akhir-akhir ini melanda Buol membuat penyebaran DBD semakin luas dan cepat. Hal ini mendapat perhatian dari Puskesmas Momunu dan Dinas Kesehatan Buol. Bantuan berupa kelambu, cairan anti jentik-jentik dan beberapa petugas pengasapan (fogging) dikerahkan ke Pajeko untuk melakukan pengasapan disetiap rumah warga mencegah penularan nyamuk DBD. Warga dihimbau agar selalu wapada, memasang kelambu ketika tidur dan jangan lupa menambahkan cairan anti jentik-jentik di bak mandi.

Tambahan informasi, banyaknya pasien DBD di RSUD Mokoyurli juga membuat pihak rumah sakit kewalahan. Karena kurangnya fasilitas ruang inap, membuat sebagian pasien harus stay dulu di ruang UGD dan ruang Inverna.  (02/16)