Tuesday, June 14, 2016

Berita tentang:

5 Menu Buka Puasa Orang Buol

1. Pisang Ijo

Pisang Ijo merupakan menu utama yang harus ada saat berbuka puasa.  Pisang raja  yang dilapisi adonan tepung memiliki rasa yang khas di lidah lalu semakin diperlengkap dengan lezat nya kombinasi vla (saus) dan sirup Jita. Orang Buol biasanya menambahkan sedikit es batu agar lebih nikmat dan segar.


2. Tetu-tetu 

Kue Tetu atau kue perahu adalah  kue  khas asli Sulawesi. Ada juga yang menyebutnya sebagai kue perahu, pepaco, lampu-lampu atau di daerah lain disebut kue jorong jorong. Kombinasi rasa manisnya gula merah beserta santan kental membuat rasa kue  ini sulit terlupakan. Daun pandan yang digunakan sebagai "perahu" menambah aroma dan cita rasa pada kue Tetu-tetu.


3. Onde-Onde

Kue onde-onde adalah salah satu menu buka puasa yang wajib  ada diatas meja. Rasa gula merah dan tepung ketan yang sangat enak memiliki sensasi kenyal-kenyal saat dikunyah. Selain itu, parutan kelapa yang ditaburi diatas onde-onde semakin menambah kelezatan cita rasa onde-onde.


4. Kue Ku

Kue Ku adalah salah satu kue kukus yang terbuat dari tepung ketan serta didalamnya di isi kombinasi parutan kelapa dan gula merah. Bisa juga diisi dengan kacang hijau, atau yang lainnya sesuai selera. Kemudian dibagian bawah kue Ku juga dilapisi potongan daun pandan untuk menambah kelezatan aroma kue Ku.

5. Es Buah 

Es buah adalah campuran buah-buahan seperti nangka, pepaya, kelapa muda, serta buah-buahan lain yang ditambahi dengan es batu dan juga susu. Agar lebih nikmat, biasanya ditambahkan pula produk nata de coco. Es buah dari dulu hingga sekarang merupakan hidangan wajib sebagai  minuman utama saat buka puasa.