Monday, May 30, 2016

Berita tentang:

Inilah 7 Destinasi wisata di Buol yang wajib Anda kunjungi

1. Pelabuhan Leok

Pelabuhan Leok dari Ketinggian

Pelabuhan Leok merupakan salah satu pelabuhan yang berada di kabupaten Buol terletak di Kelurahan Leok 1 Kecamatan Biau. Pelabuhan yang telah beroperasi sejak tahun 1990-an ini memiliki pemandangan yang sangat menyejukan mata serta sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Pengunjung dapat menikmati pemandangan lautan, pegunungan, angin laut ketika sore hari dan keindahan sun rise di pagi hari. Biasanya pada sore hari, pelabuhan Leok selalu ramai dikunjungi masyarakat Leok, Kali dan Kel. Buol. Hingga saat ini, pelabuhan Leok menjadi tempat wisata favorit untuk para pemuda Buol.

2. Permandian Tertaria

Tertaria di sore hari
Permandian Tertaria merupakan objek wisata keluarga yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Biasanya di setiap hari libur, tempat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat sambil membawa bekal masakan dari rumah. Dingin nya air di permandian yang berlokasikan di Kelurahanan Kulango Kabupaten Buol ini sangat menggungah selera makan. Biaya tiket masuk yang sangat murah yakni hanya 1000 rupiah per orang kita sudah bisa menikmati segarnya air di Tertaria sepuasnya dari pagi hingga sore hari. Permandian ini terdiri dari beberapa tempat. Ada kolam mandi di bagian bawah dan ada juga yang di bagian atas. Permandian di bagian bawah biasanya selalu ramai karena merupakan tempat yang paling mudah diaskes oleh para pengunjung. Sementara masih ada lagi permandian di bagian atas yang tak kalah keren nya juga. Tetapi sebelumnya harus menempuh beberapa menit perjalanan dulu untuk bisa sampai disana.

3. Permandian Kumaligon

permandian kumaligon
Permandian Kumaligon
Permandian ini berada di Desa Kumaligon Kecamatan Biau tidak jauh dari pusat keramaian kota. Hanya menempuh sekitar 10 menit perjalanan dari Kelurahan Leok 1 kita sudah bisa menjumpai permandian ini. Permandian Kumaligon merupakan permandian yang sangat terkenal dan menjadi salah satu tempat favorit bagi seluruh kalangan. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak permandian Kumaligon selalu ramai di kunjungi. Kondisi permandian di Kumaligon ini hampir sama dengan permandian Tertaria. Yang mana airnya sangat dingin serta sangat cocok pula buat liburan keluarga.

4. Pulau Busak

pulau busak
Pulau busak

Pulau Busak merupakan pulau yang berada di Desa Busak Kecamatan Karamat kabupaten Buol. Dengan menempuh jarak sekitar 15 KM dari pusat keramaian kota, kita sudah bisa menikmati keindahan pulau Busak  ini. Ciri khas dari pulau Busak adalah pasir putih yang sangat indah, lautan yang biru dan jernih serta terdapat vila sebagai tempat menginap. Untuk bisa sampai ke pulau nya, kita harus menempuh sekitar 10 menit menggunakan perahu katingting yang sudah disediakan oleh warga setempat untuk disewakan.

5. Batu Susun Lakea

batu susun lakea
Batu Susun Laeka
Jarak Lakea dari pusat kota adalah sekitar 30 KM. Keunikan dari Batu Susun Lakea adalah batuan karang yang tersusun dengan indah yang bisa anda jumpai di tepi pantai Kecamatan Lakea, Desa Lakea 2. Karena keunikan tersebut batu ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu fenomena alam. Disamping itu, kita juga sekaligus dapat menikmati jernihnya air laut, tempat untuk bersantai yang sudah disediakan, dan indahnya pepohonan yang bisa ditemui disekitar pantai Lakea.

6. Bendungan Air Terang

Bendungan serta Jembatan gantung Air terang

Bendungan Air Terang merupakan bendungan yang berada di Desa Air Terang Kecamatan Tiloan kabupaten Buol. Untuk dapat menjangkau bendungan ini, kita harus menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam kearah selatan pusat keramaian kota Buol. Disana Anda akan disuguhkan dengan indahnya sungai yang mengalir yang mengenangi kawasan pesawahan masyarakat setempat  juga sekaligus melihat keren nya jembatan gantung biru yang sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

7. Pulau Boki

Pulau Boki

Pulau Boki merupakan pulau yang berada di Kecamatan Paleleh Barat di wilayah timur kabupaten Buol. Untuk bisa sampai kesana, kita harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari pusat kota. Pulau Boki hingga saat ini menempati posisi urutan teratas sebagai primadona kunjungan wisata dari dalam maupun di luar Buol. Pengunjung pulau Boki berdatangan dari kota lain seperti Manado, Gorontalo, Palu, dan bahkan ada juga pendatang dari luar negeri. Pulau ini terkenal dengan keindahan air lautnya, pasir putih yang halus, batu karang yang masih sangat alami, serta pemandangan gunung yang tinggi nan indah. Perjalanan yang begitu jauh dan melelahkan menuju pulau Boki dijamin pasti akan tergantikan dengan pesona dari pulau ini.